Jumat, 08 Februari 2013

Dampak Globalisasi Bidang Ekonomi,Sosial Budaya,Pertahanan dan Keamanan,dan Politik


Materi Kelas IX Semester II

 Berikut dampak globalisasi perekonomian,Sosial Budaya,Politik,dan Pertahanan Keamanan.Semoga bermanfaat bagi yang membacanya.


Globalisasi perekonomian
Globalisasi perekonomian merupakan suatu proses kegiatan ekonomi dan perdagangan, dimana negara-negara di seluruh dunia menjadi satu kekuatan pasar yang semakin terintegrasi dengan tanpa rintangan batas teritorial negara.Globalisasi perekonomian di satu pihak akan membuka peluang pasar produk dari dalam negeri ke pasar internasional secara kompetitif, sebaliknya juga membuka peluang masuknya produk-produk global ke dalam pasar domestik.

A.   Dampak Positif Globalisasi Ekonomi

1.     Produksi global dapat ditingkatkan
 Melalui perdagangan faktor-faktor produksi dunia dapat digunakan dengan lebih efesien,output dunia bertambah dan masyarakat akan memperoleh keuntungan dari spesialisasi dan perdagangan dalam bentuk pendapatan yang meningkat, yang selanjutnya dapat meningkatkan pembelanjaan dan tabungan.
2.     Meningkatkan kemakmuran masyarakat dalam suatu negara
Perdagangan yang lebih bebas memungkinkan masyarakat dari berbagai negara mengimpor lebih banyak barang dari luar negeri. Hal ini menyebabkan konsumen mempunyai pilihan barang yang lebih banyak dan lebih berkualitas dengan harga yang murah.
3.     Meluaskan pasar untuk produk dalam negeri
Perdagangan luar negeri yang lebih bebas memungkinkan setiap negara memperoleh pasar yang jauh lebih luas dari pasar dalam negeri.
4.     Dapat memperoleh lebih banyak modal dan teknologi yang lebih baik
Modal dapat diperoleh dari investasi asing dan terutama dinikmati oleh negara-negara berkembang karena masalah kekurangan modal dan tenaga ahli serta tenaga terdidik yang berpengalaman kebanyakan dihadapi oleh negara-negara berkembang.
5.     Menyediakan dana tambahan untuk pembangunan ekonomi
Perusahaan domestik ini seringkali memerlukan modal dari bank atau pasar saham.Dana dari luar negeri terutama dari negara-negara maju yang memasuki pasar uang dan pasar modal di dalam negeri dapat membantu menyediakan modal yang dibutuhkan tersebut.


B.   Dampak Negatif Globalisasi Ekonomi
1.      Menghambat pertumbuhan sektor industri
Salah satu efek dari globalisasi adalah perkembangan sistem perdagangan luar negeri yang lebih bebas yang menyebabkan negara-negara berkembang tidak dapat menggunakan tarif yang tingi untuk memberikan proteksi kepada industri yang baru berkembang . Perdagangan luar negeri yang lebih bebas menimbulkan hambatan kepada negara berkembang untuk memajukan sektor industri domestik yang lebih cepat.

2.      Memperburuk neraca pembayaran
Apabila suatu negara tidak mampu bersaing, maka ekspor tidak berkembang. Keadaan ini dapat memperburuk kondisi neraca pembayaran. Efek buruk lain dari globaliassi terhadap neraca pembayaran adalah pembayaran neto pendapatan faktor produksi dari luar negeri cenderung mengalami defisit.Tidak berkembangnya ekspor dapat berakibat buruk terhadap neraca pembayaran.
3.      Sektor keuangan semakin tidak stabil
Ketika pasar saham sedang meningkat, dana ini akan mengalir masuk, neraca pembayaran bertambah bak dan nilai uang akan bertambah baik. Sebaliknya, ketika harga-harga saham di pasar saham menurun, dana dalam negeri akan mengalir ke luar negeri, neraca pembayaran cenderung menjadi bertambah buruk dan nilai mata uang domestik merosot. Ketidakstabilan di sektor keuangan ini dapat menimbulkan efek buruk kepada kestabilan kegiatan ekonomi secara keseluruhan.
4.      Memperburuk prospek pertumbuhan ekonomi jangka panjang
Apabila hal-hal yang dinyatakan di atas berlaku dalam suatu negara, maka dalam jangka pendek pertumbuhan ekonominya menjadi tidak stabil. Pendapatan nasional dan kesempatan kerja akan semakin lambat pertumbuhannya dan masalah pengangguran semakin memburuk.

Globalisasi Bidang Politik

  A. Dampak Positif
1.     Pemerintahan dijalankan secara transparan (terbuka), demokratis & penuh kebebasan
2.     Sistem pemerintahan terus berkembang menuju ke arah yang lebih baik, dengan cara belajar dari kegagalan-kegagalan sistem pemerintahan yang pernah dialami oleh negara lain maupun negara sendiri.
3.     Negara-negara berkembang bisa belajar tentang sistem pemerintahan dari negara maju.

B.   Dampak Negatif

1.     Banyak kemungkinan untuk perubahan arah dari ideologi Pancasila ke ideologi liberalisme. Jika hal tesebut terjadi akibatnya rasa nasionalisme bangsa akan hilang.
2.     Anak muda banyak yang lupa akan identitas diri sebagai bangsa.
3.     Pemerintah tidak dapat lagi menghegemoni pemikiran & bentuk-bentuk perekonomian pada wilayahnya. Akhirnya instrumen-instrumen yang telah dibangun pemerintah menjadi tidak efektif.
4.     Ada beberapa masalah yang dulu dianggap lokal menjadi masalah global. Isu masalah ini sangat sensitif & krusial, sehingga sering kali mengundang intervensi dari suatu negara ke negara lain.

Globalisasi Bidang Sosial Budaya


Globalisasi mengubah bentuk kehidupan keseharian kita secara mendasar,yaitu;

1) Meningkatnya Induvidualisme
Kesempatan individu untuk menentukan dirinya sendiri dibatasi masyarakatnya, entah leh tradisi maupun oleh kebiasaan-kebiasaan yan berlaku. Di era globalisasi ini, kesempatan individu untuk mengatur dan menentukan yang terbaik bagi dirinya sendiri sangat terbuka lebar.

2) Pola Kerja
Pekerjaan-pekerjaan mengarah ke era perekonomian berbasis pengetahuan. Orang-orang sudah tidak mengandal kerja penuh di kantor, tetapi part time job.

3) Kebudayaan Pop
Citra, gagasan, dan gaya hidup baru menyebar dengan begitu cepat keseluruh pelosok dunia lebih daripada sebelumnya.


    
Dampak Globalisasi dalam bidang Sosial Budaya :
        Semakin bertambah globalnya berbagai nilai budaya kaum kapitalis dalam masyarakat dunia. Merebaknya gaya berpakaian barat di negara-negara berkembang. Menjamurnya produksi film dan musik dalam bentuk kepingan CD/ VCD atau DVD.



A. Dampak Negatif
1.      Membuat sikap menutup diri, berpikir sempit
2.     Meniru perilaku yang buruk
3.      Semakin merebaknya gaya hidup konsumerisme.
4.      Lenyapnya identitas kultural nasional dan lokal
5.     Kehilangan arah sebagai  bangsa yang memiliki jati diri.
6.     Hilangnya semangat nasionalisme dan patriotisme.
7.      Semakin lunturnya semangat gotong-royong, solidaritas, kepedulian, dan kesetiakawanan sosial sehingga dalam keadaan tertent, misalnya sakit,kecelakaan, atau musibah hanya ditangani oleh segelintir orang
Semakin memudarnya apresiasi terhadap nilai-nilai budaya lokal yang melahirkan gaya hidup berikut ini.
·       Individualisme : mengutamakan kepentingan diri sendiri
·       Pragmatisme : melakukan suatu kegiatan yang menguntungkan saja
·       Hedonisme : Paham yang mengutamakan kepentingan keduniawian semata


B.Dampak positif
1.     Meningkatkan pemelajaran mengenai tata nilai sosial budaya, cara hidup, pola pikir yang baik, maupun ilmu     pengetahuan dan teknologi dari bangsa lain yang telah maju.
2.     Meningkatkan etos kerja yang tinggi, suka bekerja keras, disiplin
3.     Mempunyai jiwa kemandirian, rasional, sportif, dan lain sebagainya.
4.     Adanya modernisasi dan globalisasi dalam budaya menyebabkan pergeseran nilai dan sikap masyarakat yang semua irasional menjadi rasional.
5.     Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi Dengan berkembangnya ilmu pengetahuandan teknologi masyarakat menjadi lebih mudah dalam beraktivitas dan mendorong untuk berpikir lebih maju.
6.     Tingkat Kehidupan yang lebih Baik
7.     Dibukanya industri yang memproduksi alat-alat komunikasi dan transportasi yang canggih merupakan salah satu usaha mengurangi penggangguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.


Globalisasi Bidang Pertahanan dan Keamanan___________

A.   Dampak Positif Globalisasi di Bidang Pertahanan dan Keamanan

a.    Semakin menguatnya supremasi hukum, demokratisasi, dan tuntutan terhadap dilaksanakannya hak-hak asasi manusia.
b.    Menguatnya regulasi hukum dan pembuatan peraturan perundang-undangan yang memihak dan bermanfaat untuk kepentingan rakyat banyak.
c.    Semakin menguatnya tuntutan terhadap tugas-tugas penegak hukum yang lebih profesional, transparan, dan akuntabel.
d.    Menguatnya supremasi sipil dengan mendudukkan tentara dan polisi sebatas penjaga keamanan, kedaulatan, dan ketertiban negara yang profesional.
  B.  Dampak Negatif Globalisasi di Bidang Pertahanan dan Keamanan
a.    Peran masyarakat dalam menjaga keamanan, kedaulatan, dan ketertiban negara    semakin  berkurang karena hal tersebut sudah menjadi tanggung jawab pihak tentara dan polisi.
b.    Perubahan dunia yang cepat, mampu mempengaruhi pola pikir masyarakat secara global.
c.  Masyarakat cenderung bertindak anarkis sehingga dapat mengganggu stabilitas nasional, ketahanan nasional bahkan persatuan dan kesatuan bangsa.

3 komentar: